Tips Agar Mobil Matic Lebih Irit BBM

Spread the love

Di era modern seperti sekarang ini, tentunya ada beragam teknologi yang membantu kehidupan kita. Salah satunya adalah mobil. Mobil memang jadi satu teknologi yang sangat membantu, terutama dalam hal bepergian. Dengan hadirnya mobil, seseorang bisa bepergian dalam jarak jauh tanpa perlu takut terkena panas dan hujan, tidak perlu capek karena bisa beristirahat, bisa memuat banyak orang dan juga barang, serta bisa lebih nyaman. Seiring berjalannya waktu, teknologi mobil juga semakin berkembang. Salah satunya adalah hadirnya mobil matic yang semakin memudahkan orang agar tidak perlu ribet berganti transmisi. Akan tetapi, mobil matic juga masih memiliki kekurangan. Salah satunya adalah lebih boros BBM.

Beberapa Kiat Mobil Matic Lebih Hemat BBM

Bagi para pengguna mobil matic, tentunya ini jadi satu kerugian tersendiri. Sebab dengan penggunaan BBM yang lebih banyak, tentunya akan berdampak pada pengeluaran yang semakin besar. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah yang sama, kali ini kita akan membahas kiat agar mobil matic Anda bisa lebih hemat BBM.

  1. Gas secara perlahan

Saat mulai berkendara, ada kalanya kita ingin langsung bergerak secepat mungkin. Dengan begitu, kita langsung tancap gas. Jika dilakukan secara terus menerus, maka konsumsi BBM Anda akan semakin meningkat

  1. Jaga kecepatan tetap konstan

Selayaknya tubuh manusia, mobil tentunya juga perlu bekerja agar bisa bergerak. Saat Anda mengubah kecepatan, tentunya akan menambah beban kerja mesin dan membuat bensin lebih boros. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kecepatan agar tetap stabil.

  1. Kurangi berpijak pada pedal rem

Saat berkendara, kadang kita sering menempatkan kaki kita di atas pedal rem agar lebih mudah mengerem. Padahal hal ini bisa berpengaruh pada konsumsi BBM Anda. Walaupun kaki Anda tidak menekan betul pedal rem, namun hal ini tetap akan memberikan tekanan terhadap mobil.

  1. Jaga jarak aman

Hal penting saat Anda berkendara di jalan adalah menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Selain demi keamanan di jalan, ternyata juga bisa berdampak pada penggunaan bensin. Saat ada sesuatu pada kendaraan di depan dan jarak Anda terlalu dekat, Anda akan menekan pedal rem dengan dalam. Saat Anda berkendara lagi, Anda harus menekan pedal gas cukup dalam lagi dan akan memakan banyak BBM. Berbeda jika jarak Anda cukup jauh. Anda hanya perlu mengurangi kecepatan dengan melepas gas secara perlahan dan tentunya saat akan menambah kecepatan, tidak perlu menginjak gas terlalu dalam.

  1. Perhatikan RPM mobil

Saat Anda berkendara, pastikan juga jika Anda memperhatikan RPM mobil Anda. Biasanya pada angka 2.500 sampai 3.000 RPM adalah kondisi di mana konsumsi BBM dan tenaga yang dihasilkan terbilang efektif.

  1. Pastikan tekanan ban selalu cukup

Jangan pernah lupa untuk cek tekanan ban mobil Anda. Pastikan jika tekanan ban Anda selalu cukup, tidak terlalu kempis atau sebaliknya. Saat tekanan ban tidak tepat sesuai standarnya, maka mesin mobil akan bekerja lebih keras agar bisa mencapai kecepatan yang diinginkan dan tentunya akan semakin banyak menyedot bensin.

  1. Perhatikan penggunaan AC

Mungkin kita sering merasa jika akan lebih enak jika berkendara dalam suhu yang lebih dingin. Oleh karena itu, biasanya kita akan menyalakan AC pada suhu yang rendah dan dalam waktu yang lama. Penggunaan AC mobil yang terlalu berlebihan tentunya juga bisa berpengaruh pada konsumsi BBM Anda.

Tips Merawat Mobil Matic

Selain memperhatikan bagaimana cara mengendarai mobil matic agar lebih irit BBM, tentunya kita juga perlu memperhatikan mesin mobil kita. Dengan mesin mobil yang terawat, tentunya akan menjaga kinerjanya dan bisa berdampak pada konsumsi BBM kita. Berikut adalah beberapa tips dalam merawat mobil.

  1. Rutin memanaskan mobil

Hal satu ini tentu sudah jadi kiat yang umum. Namun masih banyak juga yang lupa untuk memanaskan mobil saat akan digunakan. Padahal dengan rutin memanaskan mobil sebelum dipakai bertujuan agar mesin mobil tidak bermasalah.

  1. Rutin servis secara berkala

Jangan pernah lupa untuk servis mobil Anda secara berkala. Pastikan waktu servisnya sesuai dengan buku panduan yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar mesin bisa selalu terjaga performanya.

Ganti oli secara rutin

Selain rutin servis, jangan lupa juga untuk rutin mengganti oli. Tentunya oli yang umumnya diganti adalah oli mesin oli transmisi. Oli perlu diganti saat sudah menempuh jarak tertentu.

Itulah tadi beberapa kiat yang perlu Anda lakukan agar mobil matic Anda bisa lebih irit. Selamat mencoba ya!

Penulis : Aljuni Hirossie