Berkendara yang Aman dan Nyaman Dengan Alas Kaki yang Tepat

Spread the love

Mobil saat ini jadi satu benda yang umum kita temui. Banyak sekali orang yang memiliki dan mengendarai mobil untuk keperluan sehari-harinya. Selain karena terlindungi dari panas dan hujan, tentunya akan terasa lebih bebas dan juga nyaman saat harus bepergian jauh. Berbicara soal nyaman, penting sekali bagi kita semua agar berkendara dengan nyaman dan juga aman. Saat kita berkendara dengan nyaman dan juga aman, tentunya kita bisa lebih fokus selama perjalanan, sehingga kita bisa mengurangi risiko terjadinya hal yang tidak kita inginkan di jalan. Selain itu, berkendara secara nyaman juga membuat kita tidak mengalami berbagai keluhan yang mengganggu sehingga kita bisa menikmati perjalanan kita. Tentunya ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Satu hal yang mungkin dianggap sepele bagi sebagian orang adalah mengenai alas kaki.

Dampak Tidak Memakai Alas Kaki yang Tepat Saat Berkendara

Mungkin banyak dari kita yang merasa bisa menggunakan alas kaki apa saja saat menggunakan mobil. Tak sedikit pula yang mengendarai mobil tanpa menggunakan alas kaki. Padahal hal seperti ini kurang baik untuk kenyamanan berkendara Anda. Ada beberapa dampak yang mungkin dirasakan saat tidak memakai alas kaki yang tepat saat mengendarai mobil. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Risiko cedera pada kaki

Saat kita berkendara dengan alas kaki yang tidak sesuai atau bahkan tidak menggunakan alas kaki, sebenarnya ada risiko cedera yang mengincar kita. Ada kalanya kaki kita terbentur pada bagian pedal atau bagian interior mobil lainnya. Tentunya ini akan menimbulkan rasa sakit atau bisa jadi cedera pada kaki kita, terlebih saat terkena bagian dengan material yang keras. Belum lagi saat terjadi hal yang buruk, seperti misalkan kecelakaan. Kaki yang tidak terlindungi pastinya akan lebih rawan terluka, entah karena terkena pecahan kaca atau bagian yang patah. Hal ini jelas akan sangat berbahaya.

  1. Muncul kapalan pada telapak kaki

Bagi Anda yang sering mengendarai mobil tanpa menggunakan alas kaki, tentu mengalami hal ini. Saat telapak kaki Anda sering bergesekan dengan permukaan pedal yang keras, pastinya akan mengalami penebalan kulit kering terutama di bagian tumit. Hal ini dinamai kapalan. Pastinya kapalan sendiri akan terasa tidak nyaman, terlebih saat Anda menginjak pedal. Penampilan kaki Anda juga akan terlihat kurang bagus.

  1. Telapak kaki akan terasa panas

Selain kapalan, ada satu keluhan yang pastinya akan Anda rasakan saat Anda tidak menggunakan alas kaki saat mengendarai mobil. Hal tersebut adalah rasa panas yang terasa pada bagian telapak kaki. Hal ini disebabkan karena saraf pada kaki Anda langsung menyentuh pedal, yang bisa jadi panas. Hal ini pastinya membuat Anda tidak nyaman dan bisa mengganggu konsentrasi.

  1. Kaki yang berkeringat

Saat Anda mengendarai mobil dengan keadaan tidak memakai alas kaki dan dilakukan dalam waktu yang lama, tentunya akan membuat kaki Anda menjadi berkeringat dan pastinya akan licin. Kaki yang licin ini tentunya akan sangat berbahaya bagi Anda yang berkendara, khususnya saat harus menginjak pegas rem dan gas.

  1. Kaki mudah lelah, kesemutan, atau kram

Saat Anda berkendara tanpa menggunakan alas kaki dalam waktu yang lama pastinya akan membuat aliran darah pada bagian kaki Anda tidak lancar. Hal seperti ini akan membuat kaki Anda menjadi terasa lelah, kesemutan, atau bahkan kram. Kondisi seperti ini tentu akan sangat berbahaya. Konsentrasi Anda bisa jadi menurun dan malah akan membahayakan diri Anda dan orang lain di jalan.

Tips Memilih Alas Kaki yang Tepat Untuk Berkendara

Kita sudah tahu beberapa dampak yang terjadi saat kita tidak memakai alas kaki saat berkendara. Meskipun kita sudah memakai alas kaki, tentunya kita juga harus memastikan apakah alas kaki tersebut memang sesuai untuk berkendara atau tidak. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih alas kaki yang tepat untuk berkendara.

  1. Pilih alas kaki yang pas, tidak mudah lepas atau tersangkut

Saat Anda mengendarai mobil, ada baiknya jika Anda menggunakan alas kaki yang ukurannya pas dengan kaki Anda. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan sandal, entah jepit atau flip-flop. Hal ini dikarenakan sendal akan sangat mudah terlepas dari kaki Anda atau bisa juga tersangkut pada pedal. Tentunya ini akan sangat berbahaya.

 

  1. Pilih alas kaki dengan sol yang sesuai

Alas kaki yang tepat untuk berkendara sebenarnya adalah sepatu, entah sneaker, slip on, atau flat shoes. Mengapa tepat? Sebab sol sepatu sendiri rata, sehingga bisa lebih nyaman dalam menginjak gas. Jelas sangat berbeda saat Anda berkendara mengenakan sepatu berhak tinggi. Lalu pastikan ketebalan sol sepatunya juga sesuai. Jangan terlalu tipis dan jangan juga terlalu tebal. Lalu pilihlah sepatu dengan bahan sol karet untuk menghindari licin saat menginjak pedal.

Itulah tadi beberapa kiat yang bisa Anda coba dalam memilih alas kaki yang pas untuk berkendara dengan perawatan mobil terbaik. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman saat mengendarai mobil ya!